Tuesday, May 5, 2015

Masyarakat Pro-Aktif, Berdayakan dengan Posdaya

Salam sukses..
info nih..ternyata dana untuk masyarakat dari pemerintah itu sangat banyak..milyaran jumlahnya per kabupaten yang di alokasikan untuk masyarakat.. nah tapi bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan dana tersebut.  kalau diminta secara pribadi pasti ngga bakalan disetujui.. gimana caranya..
melalui organisasi POSDAYA bro.. nah kalau mau minta dana bantuan ke pemerintah melalui organisasi kemasyarakatan, dijamin 90% peluangnya pasti disetujui..
tapi...POSDAYA itu apa sih..?? posting lengkapnya besok yah.. ni flashdisk malah eror.. ane upload aja logo posdaya yang pernah ane bentuk lah..
kami sebagai perintis kegiatan Posdaya sebagai salah satu bukti nyata kecintaan kami melalui pengabdian kepada desa kami yang terintegrasi di dalam posdaya ini, kami bermaksud untuk memberdayakan tiap-tiap keluarga di lingkungan sekitar masjid khususnya dan seluruh masyarakat desa kami pada umumnya sehingga dapat mewujudkan potensi kami kedalam bentuk kegiatan-kegiatan yang diharapkan dapat memakmurkan masjid dan keluarga baik dalam hal material maupun spiritual.

A.    MAKSUD DAN TUJUAN
a.        Maksud
1.    Membangun wadah bagi keluarga yang kondisi sosial ekonomi lemah untuk diajak bergabung dalam suatu proses pemberdayaan bersama.
2.    Meningkatkan mutu kegiatan pelayanan sehingga mampu memberdayakan anggota keluarga.
3.    Memperluas program kegiatan untuk meningkatkan kemampuan melalui pemantapan fungsi kelembagaan.

b.        Tujuan
1.    Menghidupkan kembali modal sosial berupa kehidupan gotong-royong untuk peduli dan saling membantu dalam proses pemberdayaan atau bersama-sama memecahkan masalah kehidupan keluarga yang tertinggal untuk dapat memenuhi kebutuhan dan membangun keluarga sejahtera secara mandiri.
2.    Menumbuhkan dan mengembangkan lembaga dalam masyarakat dengan terorganisirnya infrastruktur sosial yang sudah ada yaitu keluarga yang memiliki kegiatan atau usaha bersama yang akan menjadi perekat atau kohesi sosial, sehingga tercipta suatu kehidupan yang rukun dan dinamis untuk mencapai kesejahteraan.
3.    Terbentuknya wadah organisasi atau wahana partisipasi sosial dimana setiap keluarga dapat memberi dan menerima pembaharuan yang bisa membantu proses pemanfaatan fungsi keluarga sehingga mampu membangun kehidupan keluarga yang harmonis.
4.    Terlaksananya program dan kegiatan yang dinamis untuk mencapai tujuan Millenium Development Goals ( MDGs) yang telah menjadi komitmen nasional.
 nah itu tuh..gunannya Posdaya.. dengan Posdaya masyarakat bisa minta bantuan ke pemerintah atau swasta karena posdaya bisa dibilang organisasi resmi yang mendapatkan SK dari Kepala Desa yang diharapkan kegiatan posdaya tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.
dilanjut posting berikutnya yah..
kalau ada yang butuh bantuan mengenai pembentukan posdaya, penyusunan proposal dll.. coment aja n disertakan emailmu..
see ya...!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts